Kamis, 07 Juli 2011

Kasus Unik Pada Hardware Komputer

( From The Desk Afif Asyhari)

Apakabar harimu Shobat, kudo’akan baik selalu, dalam keadaan sehat, penuh semangat, dan makin banyak Job (Amin).. Sebagai sesama blogger dan netter, ada suatu kesenangan jika bisa saling berbagi, meskipun tulisan ini tidak begitu sempurna, tapi mungkin suatu saat ada manfaatnya.. Tulisan ini hanyalah sekelumit dari apa apa yang pernah saya alami saat masih jadi kuli pada sebuah vendor komputer di kota bontang kaltim.. dari beberapa kasus itu saya coba untuk berbagi disini..
*****

Komputer Tiba Tiba Mati Sendiri,

Thermal Kering / Processor Kepanasan,
setelah masa pemakaian pertama viabilitas thermal / pasta yang direkatkan pada processor mulai mengalami penurunan kwalitas, hanya sedikit memang, sekiranya kwalitas thermal awalnya 100%, mungkin setelah Cpu terpakai 1hari, proses penurunan kwalitas bisa mencapai 0,30% sedikit memang, tapi setelah masa pemakaian CPU tersebut mencapai 730 hari atau kurang lebih 2 tahun, maka akan mulai timbul gejala tiba tiba / kadang kadang komputer mati sendiri saat Anda asyik bekerja dengan komputer itu.. biasanya kondisi ini tidak disadari oleh sang pemilik, selain karena tidak memahami dunia tekhnisi, seorang user selalu mengira performa komputer tidak berubah.. padahal apapun akan berubah…
Tapi jika Anda telah mempelajari dasar teknisi komputer, Anda hanya akan berfikir di vendor mana aka didapat Thermal processor yang berkwalitas, yaaa.. paling tidak bisa dipakai selama 360 hari sudah lumayan..
Solusinya adalah:
·         Setelah komputer mati, lepaskan semua kobel konektor yang terhubung dengan CPU,
·         Lepaskan processor dari dudukannya secara pelan pelan,
·         Bersihkan semua thermal kering yang menempel pada processor dan HSF / heatsink Fan, pakailah tissue yang bersih agar processor dan HSF tidak gores,
·         Gantilah dengan Thermal yang masih baru, cukup 3-5cc pakailah perkiraan agar ketika processor pana thermal tersebut tidak cair / tidak mengganggu kinerja processor,
·         Setelah dirasa cukup, pasanglah processor tsb, sesuai dudukannya.

Chipset NortBridge / SouthBridge salah satunya mati,
Chipset pada mesin komputasi berguna sebagai wahan yang mengawasi dan atau mengarahkan data data ketujuannya, dan perlu di garis bawahi adalah data itu bisa berupa Angka, carakter tertentu, dan warna. Dengan adanya dua Chipset pada komputer Anda, maka proses jalannya data akan lebih terjamin, sehingga semua input yang dilewti Capasitor tidak tertumpuk, karena jika beban Capasitor menumpuk, maka Capasitor akan segera melepuh dan jebol..
Solusinya adalah:
·         Bersihkan motherboard dari semua partikel penyumbat cicuit,
·         Caranya adalah lepaskan semua komponen yang terhubung dengan motherboard secara pelan pelan termasuk juga bautnya,
·         Setelah itu bersihkan semua partikel pengganggu dengan cara direndan pada larutan detergen selama kurang lebih 1jam, sebelum proses perendaman lepaskan komponen lain seperti “memory, battery CMOS, dan beberapa komponen yang bersifat menancap,
·         Setelah waktu prendaman dirasa cukup bersihkan motherboard tsb, dengan cara dikuas bolak balik perlahan,
·         Tiriskan agar sisa air pada motherboard jadi minim,
·         Jika saat mengeringkan tidak ada sinar matahari, pakailah lampu Dop ukuran 40 Watt, sorot / panaskan sedikit demi sedikit, lakukan pengulangan dan pembalikan, jika memiliki Hair Driyer lebih baik, karena proses pemanasan lebih konstan..
·         Batas nisbi air yang tersisa hanya antara 2,5 - 0,5%
·         Jika seluruh Circuit dan komponen pendukung bekerja dengan layak, maka Anda akan berhasil menghidupkan komputer Anda dengan Bios yang mampu melakukan setting.

Hardware Penuh Oleh Debu,
Kasus ini sering saya temukan, biasanya komputer yang berada dalam ruang ber-AC, proses pengendapan debu sangat pelan, tapi debu yang telah melengket partikelnya sangat lembut, sehingga lambat laun akan menimbulkan panas berlebih. Selain itu sebagian besar Chip pada mainboard juga terganggu Cicuit datanya. Dan yang paling sadis adalah jika semua komponen yang memiliki baling baling / kipas penuh dengan debu, maka dijamin proses pemanasan dalam Chasing CPU meningkat drastis..
Kondisi ini diperparah jika debu juga menerobos pada bagian pinggir thermal processor, sehingga laju pemanasan makin ampuh untuk membunuh putaran mesin.
Solusinya adalah:
·         Bersihkan semua komponen agar terbebas dari debu,
·         Jika ada kompressor maka akan lebih cepat kinerja Anda dalam proses pembersihan tsb..

Hardware Dalam Chasing Kemasukan Cicak / Hewan Lainnya,
Ini adalah kasus paling langka yang saya temukan, yaitu pada tahun 2001, disebuah hotel dikota bontang, tiba tiba komputernya mati. Dan sang user tidak berhasil menghidupkan komputer kerjanya meskipun telah menekan power berkali kali.
Setelah periksa sana sini saya dan teman menemukan ada lelehan tahi cicak yang menempel dekat chipset Southbridge, dan bangkai cicak yang separuh gosong.. menemukan kejanggalan ini, saya dan teman segera mengambil tissue dan membersihkan bekas bekas insiden si ciciak tsb, setelah dikuas berulang ulang dan yaki telah kering, kami mencoba merest Biosnya sekalian, melepas memory sekalian untuk memancing reaksi CPU dan usaha itu berhasil, karena CPU langsung merespon dengan “Beep” berulang. Setelah komponen kami pasangkan dengan semestinya CPU tsb dapat loading dengan OS berlabel “win95” dengan sukses..
Tips.:
Waspadalah dengan kehadiran hewan lain pada komputer Anda.
*****

Terjadi crash hardware pada removable storages
Removable Storages / media simpan PNP sejenis Flasdisk, kadang kadang bisa menjadikan komputer tiba tiba Hang, diantara sebabnya adalah:
·         Batas nisbi kelembaban pada media tsb. Melebihi ketentuan yang di syaratka oleh produsen / IEEE,
·         Atau mungkin sebelumnya media tsb pernah kena hujan diperjalanan, atau pernah tercuci di mesin pencuci,
·         Prediksi lain adalah teknisi terburu buru saat memasang kabel konektor untuk USB depan, karena kalau USB on board  pastinya telah lulus quality control / QC Passed.
*****

Komputer Mati Setelah Beberapa Saat,
Hal seperti ini juga sering dialami oleh beberapa user komputer, dari yang saya alami, beberapa sebab dapat dikenali, diantaranya adalah:
·         Seting hardware pada bios perlu dirubah, pada CPU dengan Processor AMD, setingan panas yang ditahan mampu melampaui kisaran 85oC, tapi Processor keluaran Intel tidak akan bekerja pada suhu tsb, paling paling 75oC, jadi bergembiralah jika Anda saat ini memakai Processor AMD, karena didesain dengan bahan tahan panas.
·         Beberapa capasitor pada motherboard ata pada PowerSuplay melepuh / jebol, ini artinya data input dari keyboard dan mouse tidak bisa ditampung oleh Capasitor, jadi langsung memberondong ke arah Chipset, padahal kemampuan Chipset juga menyesuaikan kecepatan Processor, jadi jika Anda terbiasa dengan urusan soder menyoder, silakan ganti seluruh capasitor yang ukurannya sama dengan capasitor yang melepuh, agar kinerja komputer Anda seperti sata masih baru.
·         HDD penuh, jika media simpan penuh, sama artinya rumah anda dipenuhi sesak dengan barang barang ( bagaimana bisa lewat jika penuh barang?), karena untuk loading / menjalankan apapun diperlukan arean untuk keluar masuk data, jika ruangan penuh mau dilewatkan mana data itu?.. solusinya hapus program atau file yang Anda anggap tak penting. Misalnya MP3, Film, atau master program yang Anda sudah tidak memerlukan

OS Hang Setelah Beberapa Saat,
Inilah keadaan yang juga tidak disukai oleh para user saat mereka asyik beraktifitas dengan CPU kesayangannya.. diantara kronologis yang menjengkelkan itu adalah:
Bad Sector / Damaged Pada HDD, sama artinya dengan kerusakan pada suatu lokasi yang diistilahkan dengan sector, jika diibaratkan dengan lantai sector adalah sekumpulan ubin yang terpasang sedemikian rupa, tetapi jika ubin tsb ada yang pecah / lubang / tercungkil, maka akan banyak masalah timbul disini. Sedangkan pada HDD adanya kerusakan pada sector tertentu, menyebabkan data / File / Program tidak bisa disimpan / ditaruh / diletakkan pada sector tsb.
Solusinya adalah:
Sering lakukan Defragment, agar kondisi file dalam HDD rapi, sehingga proses pemanggilan data/program/file lebih cepat,
Jika kondisi bad sector tidak diperbaiki, maka OS akan selalu bermasalah, sedang bundle software yang sangat membantu adalah HDD Regenator versi berapa saja, software ini di bundle dengan nama “HIREN” didalamnya ada sekitar 200 software, bundle ini di execute dalam modus MSDOS.

Terjadi crash hardware pada alat input ( Keyboard / Mouse),
Pada kondisi tertentu mouse dan keyboard bisa menjadikan komputer hang, diantara sebabnya kedua alat tersebut ada gangguan pada circuitnya, atau ada masalah pada cablenya, atau saat dalam cargo terjadi kesalahan penataan yang menyebabkan PCB pada masing masing perangkat tersebut bergeser, atau bahkan konslet didalamnya, karena saya pernah membeli sebuah mouse dengan merek AX, setelah saya colok pada USB tercium aroma menyengat dan komputer saya langsung hang.. ketika USB saya cabut dan komputer direstart ternyata si kompie berjalan normal, tapi mouse terlanjur terbakar..

Memory Usang / Tidak Dikenali / IC “OOU” / Out Of Use.
Banyak sebab yang menjadikan memory Anda tidak dikenali saat loading berjalan, dan beberapa paragraph sebelumnya telah menjelaskan beberapa alasan yabf memiliki kemiripan dalam segi sebab dan akibat..

Saat Loading Bios Hdd Tidak Dikenali,
Kasus pada masalah ini memiliki kemiripan juga dengan beberapa paragraph sebelumnya, atau silakan membaca rujukan pada artikel sebelumnya (http://tulisinfo.blogspot.com/2011/07/ketika-mainboard-kompie-error.html)..
Dan beberapa sebab yang dapat ditemukan adalah:
·         Kabel data / power tidak tepat atau jika Anda tidak mau kelamaan ganti saja dengan produk yang baru..
·         Memasang baut HDD terlalu kencang / Baut terlalu panjang, pada beberapa produk HDD jika baut agak panjang maka, bisa jadi baut bersentuhan dengan dengan PCB yang terpasang pada HDD, jika bergeser sedikit saja maka sebagian data tidak tersambung..

(Semoga bermanfaat)..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar