Rabu, 04 Mei 2011

Trouble Shooting Comp.

Apa kabar harimu saudaraku?..  saat Anda membaca tulisan ini pertama kali, Anda menemukannya melalui akses komputer.. trust komputer Anda saat ini bagaimana? Baik baik saja, atau belum seperti yang di harap..
Jika di kaji secara teknis, permasalahan pada komputer atau laptop kurang lebih adalah seperti yang terulis berikut ini.. ( ini adalah yang saya alami saat bekerja pada Dealer komputer di kota Bontang Kaltim..


Komputer sering restart, Computer sering restart itu biasanya di sebabkan oleh beberapa hal ,yaitu :
1.    Virus
Virus dapat menyebabkan computer manjadi sering restart, langkah untuk mangatasinya adalah scan computer dengan anti virus updatean terbaru.

2.    Power supply
Kerusakan pada power supply dapat juga menyakibatkan computer sering restart, langkah mengatasinya adalah ganti power supply dengan yang baru.

3.    Termal prosessor
Termal prosessor yang kering dapat mengakibatkan computer sering restart, langkah mengatasinya mula-mula bersihkan termal yang kering yang menempel di prosessor dengan tisu lalu pasang kembali prosessor dan beri prosessor dengan termal yang baru.

4.    Windows error
Wndows yang error dapat mengakibatkan computer restart, langkah mengatasinya adalah coba repair windows. Jika windows tidak dapat di repair maka computer harus di install ulang, sebelum menginstall ulang sebaiknya data di backup terlebih dahulu.

5.    Prosessor panas
Prosessor panas dapat mengakibatkan sering restart atau mati sendiri itu di sebabkan karna putaran kipas yang terhambat atau kurang kencang, itu di sebabkan kipas possessor di penuhi oleh debu maka prosessor harus di bersihkan dan kipas atau fan di beri wede ( cairan yang membuat kipas berputar lancar )

6.    Motherboard rusak
Motherboard rusak dapat juga menjadi penyebab seringnya computer restart atau mati, maka dari itu setelah semua penyebab diatas tidak ada pada computer maka kemungkinan besar motherboard pada computer rusak, langkah yang di lakukan adalah menganti motherboard.


Komputer tidak mau menampilkan data / tulisan / grafis ke monitor, Computer tidak mau tampil ke layar penyebabnya ada beberapa hal diantaranya adalah :
1.    Jumper bios
Coba cabut jumper bios yang ada di motherboard setelah itu cabut kabel power yang tertancap di cpu, kemudian setelah beberapa saat pasang kembali jumper bios tsb.

2.    Batrai cmos
Kerusakan pada batrai cmos dapat mengakibatkan computer tidak mau tampil ke monitor, langakah untuk mengatasinya terlebih dahulu cabut batrai cmos yang terpasang pada motherboard kemudian pasang kembali, jika computer tetap tidak mau tampil cobalah pasang batrai cmos yang baru.

3.    Vga card
Kerusakan pada vga card dapat mengakibatkan computer tidak mau tampil, langkah untuk mengatasinya pertama bersihkan vga card dengan tiner a special atau di cuci dengan deterjent. Jika tetap tidak bisa tampil berarti vga card rusak, maka ganti dengan vga card yang baru. Jika vga onboard maka coba bersihkan motherboard dengan tiner a special atau cuci dengan deterjent lalu keringkan sampai benar-benar kering.

4.    Memory
Memory yang rusak dapat menyebabkan computer tidak mau tampil ke monitor, maka demikian sebaiknya memoy dig anti dengan yang baru.





Windows error, Windows error atau system 32 yang rusak dapat di sebabkan oleh virus maka cara mengatasinya adalah:
Langkah 1.
Scan computer  dengan anti virus updatean terbaru, jika computer suadh tidak dapat berfungsi maka yang harus di lakukan adalah lepas hardisk lalu scan di computer lain.


Langkah 2.
Setelah computer selesai di scan terlebih dahulu data di backup di hardisk lain.



Langkah 3.
Install ulang computer.
Keterangan : Backup adalah pemindahan data atau program dari harddisk satu ke harddisk yang lain.


Komputer kena virus
Gejala computer terkena virus ada beberapa macam, misalnya:
·      Computer sering restart
·      Computer lambat atau cara prosesnya lambat tidak seperti sebelumnya
·       Computer blank atau tak ada tampilan
Cara mengatasinya yaitu scan computer dengan anti virus updetan terbaru.


Komputer tidak mau shutdown
Computer tidak mau shutdown itu biasanya di sebabkan oleh system 32 atau windows pada computer rusak sehingga proses computer terganggu. Cara mengatasinya yaitu format ulang computer atau install ulang computer ( jangan lupa backup data terlebih dahulu )


Komputer lambat
Komputer lambat dapat di sebabkan oleh beberapa hal yaitu :
1.    Virus
Virus dapat mengakibatkan komputer lambat maka dari itu coba scan komputer dengan anti virus updetan terbaru.

2.    Partisi harddisk
system partisi pada harddisk yang kecil dapat mengakibatkan pergerakan komputer melambat. Misal partisi pada system hanya 10 gigabyte namun program yang di install hampir mencapai 9 gigabyte ini membuat program atau komputer tidak berjalan dengan sempurna. Cara penyelesaiannya usahakan partisi pada system lebih banyak jika ingin menginstal program lebih. Atau Anda bisa pasang HDD 500Gb atau mungkin 1 TB.

3.    Memory
Kapasitas memory yang kecil dapat mengakibatkan proses komputer melambat jika program yang did install pada komputer besar maka sebaiknya kapasitas memory pada komputer tersebut juga harus tinggi agar proses kinerja komputer dapat sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar