Jumat, 01 Juli 2011

Yang Meramaikan Dunia ( Bag.1)

( From the desk Afif Asyhari)
Bila ditanya “apa saja yang telah meramaikan dunia” tentunya Anda akan menemukan jawaban yang bermacam–macam, bisa di dapati jawaban dengan bahasa seperti jawaban Anak-anak, Jawaban yang diplomatis atau jawaban bagai seorang sufi. Diantara jawaban yang universal adalah:
  • Ayat Alqur`an yang menegaskan bahwa “Sungguh Allah menciptakan segala yang ada di semesta ini tidak ada yang sia sia” (dan),
  • Merujuk pada hadist Nabi Saw: “Dunia itu (penuh) perhiasan, dan sebaik – baik perhiasan adalah wanita sholihah”.
  • Atau versi yang sangat lekat dengan bahasa “3Ta” ( Dunia dipenuhi oleh urusan harta, tahta, wanita)
  • Ada juga jawaban spesifik versi Anda..!
Itulah yang universal, berhubung penulis juga masih belajar, maka mari di lanjutkan saja..

Yang Turut Meramaikan Dunia Dari Kalangan Tumbuhan Adalah:
Tumbuhan mikro seperti tumbuhan yang bersel satu, tumbuhan bawah air, tumbuhan yang mengapung di air, tumbuhan yang menumpang pada batu cadas, batang kayu dll. Dan umumnya kalau menyatakan tumbuhan biasanya sesuatu yang bisa di bayangkan adalah sesuatu yang besar seperti, pohon cemara, pohon Jati, Pohon Ulin dll.
Sekilas bagi orang yang rendah ilmunya, maka semua itu biasa-biasa saja.. tapi bagi seseorang yang beri karunia ilmu yang mampu menjangkau 7 langit dan 7 bumi, maka tumbuhan mikro yang kecilpun mampu menjadikan hatinya “Sujud” dengan rahasia yang di cipta Allah Swt..
Sebagai contoh:
bagaimana hebatnya teknologi bertanam jamur tiram yang hanya bermula dari pengetahuan terkait spora dan misellium dapat menghasilkan uang jutaan rupiah..

Yang Turut Meramaikan Dunia Dari Kalangan Bangsa Hewan Adalah:
Hewan dari yang terkecil sampai hewan yang terbesar.., yang kecil sejenis mikroba, atau hewan bersel tunggal atau mungkin sebangsa mikroba yang hidup pada diri manusia tanpa di sadarinya, dan hal itu dapat terjadi karena 15 abad yang lalu Alqur`an telah memberi isyarat “ Fal Yandzuril Insaanu ilaa Tho’aamihi ” yang dalam logika sederhana maka dapat diterjemahkan “ Hendaklah Para Manusia Melihat / Mencermati apa yang dimakannya..”.

kenapa demikian? Karena jika manusia memakan sesuatu yang melenceng dari Koridor Syariat, maka ada Mudhorot / bahaya yang ia dapat, hal itu bisa spontan atau dalam jangka panjang.. misalnya: memakan daging babi atau celeng yang didalamnya terdapat benih benih cacing, atau makanan jenis lain yang membahayakan kesehatan. Atau memakan daging dari hewan yang halal tapi statusnya kadaluarsa atau daging Tiren ( mati kemarin) yang kemudian dijual dengan pernyataan “daging segar”..
( kembali lagi >> Yang Turut Meramaikan Dunia ) meskipun hal itu juga turut meramaikan dunia tapi pola penerapan untuk meramaikan dunia dilakukan dengan tidak wajar..
Yang Turut Meramaikan Dunia dari kalangan hewan adalah hewan yang telah dijinakkan manusia dan selalu meringankan beban manusia antara lain:
  • Gajah untuk kendaraan pada kawasan tertentu,
  • Kuda untuk kendaraan dan alat angkut di berbagai belahan dunia,
  • Kerbau dan sejenisnya yang dominan untuk alat angkut di berbagai belahan dunia,
  • Keledai yang manfaatnya juga seperti kuda,
  • Bighol yang manfaat juga mirip kuda,
  • Unta merupakan hewan yang memiliki kekuatan sangat dahsyat untuk kawasan gurun dan mampu menahan haus, karena sekali minum mampu menampung 20 liter air dalam kantung kantung ususnya,
  • Sapi yang dalam kawasan tertentu sangat berguna untuk tenaga dan sumber lauk pauk,
  • Kambing / biribiri / domba untuk sumber lauk pauk,

Selain itu manusia juga meramaikan dunia dengan dibantu kehadiran unggas seperti:
  • Kalkun,
  • Burung Unta.
  • Angsa,
  • Itik / mentok,
  • Ayam berbagai jenis,
  • Burung pedaging berbagai jenis,

Selain itu dunia juga diramaikan dengan hewan piaraan yang multifungsi sebagai piaraan dan hiasan yang termasuk didalamnya:
  • kelinci dalam berbagai ras, termasuk juga hamster atau juga marmut,
  • merpati dll.

Yang Turut Meramaikan Dunia Dari Kalangan penghuni air Adalah bangsa hewan dengan fisik besar ataupun dengan kondisi fisik yang kecil..
Namun demikian jika didasari dengan ilmu pengetahuan yang memadahi, maka hewan apapun yanghidup dalam air akan menjadi kaian yang menakjubkan, tapi jika siapapun menemukan sesuatu yang berharga namun tidak memiliki ilmunya maka, apapun kehidupan air yang ia temukan tidak banyak arti yang ia dapati.. mereka jumlahnya ada jutaan antara lain:
  • paus dengan berbagai jenis dan warna,
  • hiu dengan berbagai varian,
  • kakap dan ikan sejenisnya dengan berbagai varian,
  • ikan penghuni karang dalam ribuan jenis,
  • ikan penghuni lautan dalam dari ribuan jenis,
  • hewan penghuni air dangkal dalam berbagai jenis.. termasuk juga buaya atau beberapa varian..

ternyata dengan adanya kehidupan berbagai macam alam, menjadikan kehidupan dunia semakin semarak belum lagi jika Anda menuliskan dan menambahkan berbagai hewan perambah kawasan udara dalam jutaan jenis..

maka semakin lengkaplah keramaian dunia ini.. sadarilah bahwa sebagian contoh keramaian itu Anda yang pegang peran, misalnya:
Anda berbisnis dengan sesuatu yang berhubungan dengan dunia air, salah satunya adalah kegemaran orang terkait dengan ikan laut, jika seseorang ingin berbisnis dengan sesuatu yang berkaitan dengan laut maka diantara keperluan mereka adalah:
  • Perahu dengan berbagai kapasitas, dari manual hingga sangat modern, untuk aktifitas kapal ini diperlukan banyak manusia dan segala keperluan mereka, berarti suatu tempat didunia ini bertambah ramai,
  • Bagian lainnya memerlukan jaring dan peralatan sejenisnya, berarti manusia yang memakai jaring ini perlu bantuan orang lain dari segi pembuatan, bahan baku, bahan komplementer dll, berarti ada aktivitas di ujung dunia yang lain yang semakin ramai..,
  • Begitulah seterusnya.. manusia yang lainnya memerlukan bantuan orang lain, suatu bangsa memerlukan bantuan dari bangsa lain..
  • Dan ternyata Anda juga bagian dari itu meskipun Anda tidak menyadarinya, begitu pula orang lain di sekeliling Anda!!

Subhanallah!!
Ternyata memang benar manusia di turunkan ke bumi untuk meramaikan semesta ini..
Padahal yang kita huni baru 1 bumi, bagaimanakah 6 bumi yang lain yang telah diciptakan Allah dengan para penghuninya?
Yaaaa.. selain bumi yang dihuni manusia ada 6 bumi yang lain yang ramai dengan para penghuninya tetapi mereka bukan Putra Adam As dan di 6 bumi yang lain tidak memiliki Nabi Adam As dan tidak memiliki Muhammad SAW, jadi meskipun mereka memiliki keteraturan, kejeniusan dan undang undang yang memadai atau teknologi yang memadai tetaplah mereka masih kalah dengan Ras Manusia Anak Adam.. Kenapa demikian? Karena dari seluruh Ciptaan Allah dalam semesta, maka manusialah yang memiliki kesempurnaan karena manusia dibekali dengan Organ yang sangat Mutakhir dan sangat Mumpuni, organ itu adalah hati yang bisa di huni oleh 46 sifat yang mewakili sifat sifat Hewani, Syaitoni, Malaikati dan sifat dasar karunia Ilahi.

Untuk itu ada hal yang lebih baik yaitu.. meskipun Anda berada dalam ramainya kesibukan dunia , Anda tetap bersikukuh untuk melanggengkan hati Anda dengan berdzikir kepada Sang Pencipta.. karena hati Anda adalah Permata titipan Sang Pencipta yang jika Anda Merawatnya maka Anda akan memiliki kebahagiaan Dunia dan Akhirat.. Cara merawat yang sebenarnya adalah mengamalkan Suluk sepanjang hayat yaitu musnahkanlah 16 sifat buruk dan suburk dan Suburkan 30 sifat baik… Jika itu terlaksana dengan langgeng, maka Ruhh atau jiwa Anda akan tercukupi keperluannya..

(Berlanjut.. )..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar